Honda CMX 500 Rebel

Honda CMX500 Rebel jadi salah satu jagoan PT Astra Honda Motor (AHM) di segmen big bike. Gaya cruiser siap menarik minat penggemar moge untuk berpaling, apalagi motor ini diklaim memiliki daya tarik untuk dimodifikasi.

Rebel 500 bakal sangat nyaman dikendarai, pengendara bisa duduk dengan sempurna di atas motor. Balutan warna hitam semakin memperkuat desain yang fleksibel, sejalan dengan sisi bawah yang dicat halus. Lampu depan tampil khas bulet dengan diameter berukuran 135 mm.

Satu tombol speedo 100 mm berdesain kompak dengan layar LCD negatif dan backlight biru memberi kesan mencolok dan efektif, sementara kunci kontak berada di bawah sisi kiri tangki bahan bakar.

Mesin 471 cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder diambil dari Honda CBR500R. Setelan ECU diubah untuk fokus pada torsi. Honda mengklaim penyaluran torsi sangat halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 45,8Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 35,2kW @ 8.500rpm.

Power unit yang disematkan akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67 mm x 66.8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.

Crankcase menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180 ° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Girboks 6-perecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.

Saluran pembuangan 2-1 mereduksi gas buang di katalisator melalui ruang pertama ke ruang resonator kedua. Knalpot berdiameter 120mm ‘shotgun’ style, dan menghasilkan suara berat yang khas dengan penyaluran torsi yang pas.

Untuk mendukung tampilan “low-rider”, Rebel dipasang pegangan mesin pada tiga area di rangka tubular dan dirancang sesempit mungkin di sekitar pengendara. Panjang trail diset pada 110 mm dengan 28° rake; garpu offset 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1488 mm, menghasilkan ketinggian 690 mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.

Garpu depan berdiameter 41 mm dipasang dengan jarak selebar 230 mm untuk menunjang berkendara sempurna dan nyaman namun tetap gaya. Lengan ayun baja berbentuk tabung dengan diameter 45 mm bekerja dengan peredam kejut kembar yang memiliki dua pengaturan tingkat preload.

Ban Dunlop dipasang sebagai standar dengan ukuran 130 / 90-16 di depan dan 150 / 80-16 belakang. Tampilan  roda aluminium cor 16 inci sederhana dan tampil menggoda, dengan disk depan 296 mm. Sebuah caliper twin-piston depan cocok dengan piston belakang tunggal, sementara ABS dipasang sebagai standar.

Spesifikasi Honda CMX 500 Rebel

Mesin
  • Tipe Mesin : Liquid-Cooled, 4-Stroke, DOHC Parallel Twin Cylinders
  • Kapasitas Mesin : 471 cc
  • Tenaga Maksimal : 35.2 kW/8.500 rpm
  • Torsi Maksimal : 45.8 Nm/5.500 rpm
  • Diameter x Langkah : 67 mm x 66.8 mm
  • Perbandingan Kompresi : 10.7 : 1
  • Sistem Strarter : Electric Starter
  • Sistem Pembakaran : PGM-FI with 34 Throttle Bodies
  • Transmisi : 6-Speed
  • Kapasitas Tangki : 11.2 liter
Dimensi
  • Dimensi : 2,188 x 820 x 1,094 mm
  • Tinggi Jok : 690 mm
  • Berat : 190 Kg
  • Jarak Sumbu Roda : 1.488 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 136 mm
  • Pilihan Warna : Millenium Red, Mat Armored Silver Metallic, dan Graphite Black
Rangka
  • Tipe Rangka : Steel Diamond
  • Suspensi Depan : 41mm Showa Teleskopik Fork
  • Suspensi Belakang : Showa 95 mm Twin Tube Suspension with pro-link system
  • Ban Depan : 130/90-16M/C 67H
  • Ban Belakang : 150/80-16M/C 71H
  • Pengereman : ABS 2-Chanel
Kelistrikan
  • Headlights : Bulb 55W
  • Instruments : Digital
  • Tail Light : Bulb 8.3W

(Visited 72 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*