Honda CMX500 Rebel jadi salah satu jagoan PT Astra Honda Motor (AHM) di segmen big bike. Gaya cruiser siap menarik minat penggemar moge untuk berpaling, apalagi motor ini diklaim memiliki daya tarik untuk dimodifikasi.
Rebel 500 bakal sangat nyaman dikendarai, pengendara bisa duduk dengan sempurna di atas motor. Balutan warna hitam semakin memperkuat desain yang fleksibel, sejalan dengan sisi bawah yang dicat halus. Lampu depan tampil khas bulet dengan diameter berukuran 135 mm.
Satu tombol speedo 100 mm berdesain kompak dengan layar LCD negatif dan backlight biru memberi kesan mencolok dan efektif, sementara kunci kontak berada di bawah sisi kiri tangki bahan bakar.
Mesin 471 cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder diambil dari Honda CBR500R. Setelan ECU diubah untuk fokus pada torsi. Honda mengklaim penyaluran torsi sangat halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 45,8Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 35,2kW @ 8.500rpm.
Power unit yang disematkan akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67 mm x 66.8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.
Crankcase menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180 ° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Girboks 6-perecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.
Saluran pembuangan 2-1 mereduksi gas buang di katalisator melalui ruang pertama ke ruang resonator kedua. Knalpot berdiameter 120mm ‘shotgun’ style, dan menghasilkan suara berat yang khas dengan penyaluran torsi yang pas.
Untuk mendukung tampilan “low-rider”, Rebel dipasang pegangan mesin pada tiga area di rangka tubular dan dirancang sesempit mungkin di sekitar pengendara. Panjang trail diset pada 110 mm dengan 28° rake; garpu offset 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1488 mm, menghasilkan ketinggian 690 mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.
Garpu depan berdiameter 41 mm dipasang dengan jarak selebar 230 mm untuk menunjang berkendara sempurna dan nyaman namun tetap gaya. Lengan ayun baja berbentuk tabung dengan diameter 45 mm bekerja dengan peredam kejut kembar yang memiliki dua pengaturan tingkat preload.
Ban Dunlop dipasang sebagai standar dengan ukuran 130 / 90-16 di depan dan 150 / 80-16 belakang. Tampilan roda aluminium cor 16 inci sederhana dan tampil menggoda, dengan disk depan 296 mm. Sebuah caliper twin-piston depan cocok dengan piston belakang tunggal, sementara ABS dipasang sebagai standar.
Spesifikasi Honda CMX 500 Rebel
Mesin |
|
Dimensi |
|
Rangka |
|
Kelistrikan |
|
Yamaha New Fino 125 Blue Core Premium merupakan sepeda motor yang menggunakan teknologi blue core yang irit, halus, dan nyaman. Dilengkapi dengan mesin berkapasitas 125 cc tapi irit 50 %. New Fino 125 Blue Core didukung dengan fitur-fitur terbaru seperti... selengkapnya
Model ABS Special Edition LIMITED dilengkapi dengan grafis yang sporty dan dinamis, smoked windshield tinggi, frame slider, velg depan lebih lebar, ban radial lebih besar, serta single seat. Spesifikasi FRAME Suspensi Depan 37 mm telescopic fork Suspensi Belakang Uni-Trak Sistem... selengkapnya
Yamaha Vega Force DB CW Elite Black Sepeda Motor [OTR Jember] merupakan motor bebek yang mengusung teknologi Fuel Injection System dan Euro 3 dengan mesin 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara, serta silinder tunggal, sehingga terbukti lebih irit dan... selengkapnya
Belum ada komentar