Honda CMX500 Rebel jadi salah satu jagoan PT Astra Honda Motor (AHM) di segmen big bike. Gaya cruiser siap menarik minat penggemar moge untuk berpaling, apalagi motor ini diklaim memiliki daya tarik untuk dimodifikasi.
Rebel 500 bakal sangat nyaman dikendarai, pengendara bisa duduk dengan sempurna di atas motor. Balutan warna hitam semakin memperkuat desain yang fleksibel, sejalan dengan sisi bawah yang dicat halus. Lampu depan tampil khas bulet dengan diameter berukuran 135 mm.
Satu tombol speedo 100 mm berdesain kompak dengan layar LCD negatif dan backlight biru memberi kesan mencolok dan efektif, sementara kunci kontak berada di bawah sisi kiri tangki bahan bakar.
Mesin 471 cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder diambil dari Honda CBR500R. Setelan ECU diubah untuk fokus pada torsi. Honda mengklaim penyaluran torsi sangat halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 45,8Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 35,2kW @ 8.500rpm.
Power unit yang disematkan akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67 mm x 66.8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.
Crankcase menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180 ° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Girboks 6-perecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.
Saluran pembuangan 2-1 mereduksi gas buang di katalisator melalui ruang pertama ke ruang resonator kedua. Knalpot berdiameter 120mm ‘shotgun’ style, dan menghasilkan suara berat yang khas dengan penyaluran torsi yang pas.
Untuk mendukung tampilan “low-rider”, Rebel dipasang pegangan mesin pada tiga area di rangka tubular dan dirancang sesempit mungkin di sekitar pengendara. Panjang trail diset pada 110 mm dengan 28° rake; garpu offset 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1488 mm, menghasilkan ketinggian 690 mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.
Garpu depan berdiameter 41 mm dipasang dengan jarak selebar 230 mm untuk menunjang berkendara sempurna dan nyaman namun tetap gaya. Lengan ayun baja berbentuk tabung dengan diameter 45 mm bekerja dengan peredam kejut kembar yang memiliki dua pengaturan tingkat preload.
Ban Dunlop dipasang sebagai standar dengan ukuran 130 / 90-16 di depan dan 150 / 80-16 belakang. Tampilan roda aluminium cor 16 inci sederhana dan tampil menggoda, dengan disk depan 296 mm. Sebuah caliper twin-piston depan cocok dengan piston belakang tunggal, sementara ABS dipasang sebagai standar.
Spesifikasi Honda CMX 500 Rebel
Mesin |
|
Dimensi |
|
Rangka |
|
Kelistrikan |
|
Seperti dikutip dari cnbcindonesia.com pemerintah terus mendorong berkembangnya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Penggunaan kendaraan listrik ditargetkan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, di... selengkapnya
Yamaha All New Soul GT 125 AKS merupakan motor matic yang hadir dengan desain stylish yang lebih masculine. Dirancang dengan mesin berkapasitas 125 cc serta menggunakan teknologi Bluecore untuk meningkatkan performa akselerasi yang lebih efisien dan bertenaga. Dilengkapi Mesin Blue... selengkapnya
Kini hadir New Jupiter MX 150, motor bebek dengan konsep Super Sport Design. Mesin injeksi 150cc penuh performa. Lebih stylish dengan Iconic Led Lamp dan fitur canggih sepertim Humanic Speedometer dengan personal greetings, serta ban terlebar dikelasnya. Spesifikasi Yamaha Jupiter MX 150 Mesin... selengkapnya
Belum ada komentar