PT Astra Honda Motor (AHM) menambah jajaran produk premium skuternya, untuk berdampingan dengan Honda PCX, yaitu SH150i.
Penampilan SH150i bergaya skutik ala Eropa, dengan tema styling Dynamic dan Light Feeling, di mana tertuang dari garis bodi yang melengkung dari depan hingga ke bagian belakang. Pada lampu depan, belakang dan lampu senja sudah mengadopsi jenis LED.
Honda SH150i menggunakan rangka high-tensile steel tubular underbone yang diklaim rigid dan kuat. Pada bagian kaki-kaki, disematkan velg die-cast alumunium berukuran 16 inci, dibalut dengan ban tubeless. Sementara itu, jarak sumbu roda berukuran 1.340 mm.
Model premium ini juga dilengkapi dengan suspensi belakang dual damper swing arm dengan 5 langkah pre-load, yang bisa disesuaikan. Kemudian suspensi depan berukuran 33 mm teleskopik fork, dilengkapi juga dengan Antilock Braking System (ABS).
Bagasi yang cukup untuk memasukkan helm dan pelek berukuran 16 inci.
Mesin skuter premium SH150i menggendong mesin Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 150cc berteknologi eSP (Enhanced Smart Power), dan sanggup memuntahkan tenaga maksimal mencapai 10,9 kW (14,6 tk) @8.250 rpm, dengan torsi 13,9 Nm @6.500rpm.
Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter, dan menjadi basis pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS), yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.
Skutik populer Honda diklaim punya efisiensi bahan bakar teririt di kelasnya, di mana mencapai 40.9 km/liter, dengan metode pengetesan EURO 3 (tes internal AHM). Angka konsumsi bahan bakar tersebut dalam kondisi ISS diaktifkan.
Model ini juga dilengkapi fitur standar samping otomatis (Side Stand Switch), yang membuat mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun. Kemudian ada juga power charger yang terdapat di dalam console box. Untuk kapasitas tangki, AHM menyebut kalau SH150i punya volume terbesar di kelasnya 7,5 liter dan bagasi yang dapat menyimpan helm fullface.
Lebih dari itu, kunci kontak sudah mengadopsi teknologi smart key system, di mana tidak lagi memerlukan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin, membuka jok dan tangki bensin, serta mengunci kemudi.
Spesifikasi Honda SH150i
Mesin
Type | : | Liquid Cooled, 4stroke, SOHC, eSP |
Bore x Stroke | : | 58 x 57.9 mm |
Displacement | : | 153cm3 |
Compression Ratio | : | 10,6:1 |
Max. Power Output | : | 10.9 kW/8,250rpm |
Max. Torque | : | 13,9 Nm/6,500rpm |
Oil Capacity | : | 0.9 liter |
Fuel Supply System | : | PGM-FI (Programmed Fuel Injection System) |
Fuel Tank Capacity | : | 7.5 liters |
Fuel Consumption | : | 40.9 km / L ( ISS ON ) |
Clutch Type | : | Automatic Centrifugal, Dry |
Final Drive | : | Belt |
Transmission | : | Automatic |
Dimensi
Dimensions | : | 2,026 x 740 x 1,158 mm (LxWxH) |
Wheelbase | : | 1,340 mm |
Caster Angle | : | 26° |
Trail | : | 85mm |
Seat Height | : | 799 mm |
Ground Clearance | : | 146 mm |
Curb Weight | : | 136 kg (ABS) |
Rangka
Type | : | Steel, under born type |
Front Suspension Type | : | 33 mm telescopic fork, 89 mm axle travel |
Rear Suspension Type | : | Dual damper unit swing arm, 83 mm axle travel with 5-step preload adjusment |
Front Wheels | : | U-section 10 spoke cast aluminum |
Rear Wheels | : | U-section 10 spoke cast aluminum |
Front Tires Size | : | 100/80–16 M/C 50P ( Tubeless ) |
Rear Tires Size | : | 120/80–16 M/C 60P ( Tubeless ) |
Braking system | : | Antilock Braking System 2 Channel |
Front Brake | : | Disc Brake |
Rear Brake | : | Disc Brake |
Front Brake Specification | : | 2 Piston Calipers, 240 mm Disc |
Rear Brake | : | 1 Piston Calipers, 240 mm Disc |
Kelistrikan
Ignition System | : | Digital transistorized with electronic advance |
Ignition Timing | : | 12° BTDC (idle) ~ 65° BTDC (8,500min1) |
Sparkplug Type | : | CPR7EA9(NGK) |
Starter | : | Electric |
Battery Capacity | : | 12V/5AH |
ACG Output | : | 343W |
Headlight | : | LED |
Tailight | : | LED |
Ditenagai dengan mesin berpendingin cair, 2 tak, satu silinder, 64cc, yang menghasilkan tenaga responsif, Kawasaki KX 65 adalah motor kompetisi yang telah dilengkapi oleh fitur-fitur hi-tech dan telah terbukti dalam dunia balap. Spesifikasi FRAME Suspensi Depan Suspensi depan konvensional ukuran... selengkapnya
Seperti dikutip dari cnbcindonesia.com pemerintah terus mendorong berkembangnya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Penggunaan kendaraan listrik ditargetkan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, di... selengkapnya
Honda All New Scoopy eSP merupakan motor matic Honda yang didesain retro dengan nuansa klasik serta dikemas dalam sentuhan modern masa kini. Dilengkapi dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) sehingga membuat motor semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, New... selengkapnya
Belum ada komentar