KEUNGGULAN MOTOR LISTRIK : ✓ Hemat BBM ✓ Hemat biaya perawatan setiap bulan ✓ Tidak berisik ✓ Ramah lingkungan
Menu
Model
Beranda » Motor Listrik » Indonesia Targetkan 2040 Semua Motor Berbasis Listrik

Indonesia Targetkan 2040 Semua Motor Berbasis Listrik

Dipublish pada 5 Agustus 2021 | Dilihat sebanyak 42 kali | Kategori: Motor Listrik, News, Sepeda Listrik, Uwinfly

Seperti dikutip dari cnbcindonesia.com pemerintah terus mendorong berkembangnya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Penggunaan kendaraan listrik ditargetkan akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, di dalam grand strategi energi nasional yang tengah dirancang pemerintah, ditargetkan akan ada 2 juta kendaraan listrik roda empat alias mobil listrik mengaspal pada 2030. Lalu, sebanyak 13 juta unit untuk kendaraan listrik untuk roda dua atau motor listrik.

Bahkan, untuk rencana jangka panjang pada 2040 pemerintah menargetkan semua penjualan motor di dalam negeri akan berbasis listrik atau semuanya merupakan motor listrik, tak lagi berbasis bahan bakar minyak (BBM). Dan untuk mobil ditargetkan pada 2050 semua mobil yang beredar adalah mobil listrik.

“Jangka panjang, diharapkan tahun 2040 seluruh penjualan motor roda dua dalam negeri akan berbasis kendaraan listrik. Tahun 2050, roda empat seluruhnya merupakan kendaraan listrik,” paparnya dalam acara peluncuran “SPKLU BPPT-Pertamina”, Kamis (05/08/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, sampai dengan 2030 ditargetkan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) akan mencapai 25.000 unit, dan sampai saat sudah ada 147 SPKLU.

Dia mengatakan, pemerintah mendukung percepatan pembangunan SPKLU melalui Peraturan Menteri ESDM No.13/2020 tentang penyediaan infrastruktur pengisian listrik KBLBB.

Di dalam Permen tersebut, imbuhnya, diatur mengenai tanggung jawab badan usaha, proses perizinan, skema bisnis, tarif, insentif, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan keselamatan usaha.

“Ini merupakan bagian dari transisi energi penggunaan energi lebih bersih dan efisien hemat devisa dan subsidi,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, minat orang Indonesia membeli kendaraan listrik ada di atas rata-rata warga Asia Tenggara.

Secara rata-rata, keinginan membeli kendaraan listrik di Asia Tenggara sebesar 37%, sementara Indonesia mencapai 41%.

Di antara negara-negara ASEAN, imbuhnya, Indonesia menjadi peringkat ketiga di bawah Filipina 46% dan Thailand 44%, namun mengungguli Malaysia dengan persentase 37% dan Vietnam 33%, dalam hal minat membeli kendaraan listrik.

“Keinginan masyarakat untuk membeli kendaraan listrik atau EV di Indonesia di atas rata-rata keinginan negara ASEAN,” papar Bob dalam diskusi daring, Senin (12/07/2021).

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Menarik Lainnya

Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Dipublish pada 4 Mei 2017 | Dilihat sebanyak 68 kali | Kategori: Kawasaki

Ditenagai dengan mesin 250 cc bersilinder ganda, rangka backbone, suspensi depan panjang dan kombinasi velg 19”/17”, Kawasaki Versys-X 250 hadir dengan paket performa “ for Any Road – Any Time”. Menawarkan kenikmatan berkendara tingkat tinggi dan percaya diri di segala... selengkapnya

Ini Daftar Stasiun PeNGECASan Kendaraan Listrik di Indonesia

Dipublish pada 8 Agustus 2021 | Dilihat sebanyak 47 kali | Kategori: Motor Listrik, Sepeda Listrik, Uwinfly

Seperti motorku.id kutip dari cnnindonesia.com, jumlah stasiun pengecasan kendaraan listrik di Indonesia kini jumlahnya sudah bertambah menjadi 148 unit yang tersebar di 120 lokasi berdasarkan data per Mei 2021. Stasiun paling banyak tercatat berada di Jakarta. Lokasi paling banyak kedua... selengkapnya

Honda All New Scoopy eSP

Dipublish pada 5 Juni 2017 | Dilihat sebanyak 97 kali | Kategori: Honda

Honda All New Scoopy eSP merupakan motor matic Honda yang didesain retro dengan nuansa klasik serta dikemas dalam sentuhan modern masa kini. Dilengkapi dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) sehingga membuat motor semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, New... selengkapnya