KEUNGGULAN MOTOR LISTRIK : ✓ Hemat BBM ✓ Hemat biaya perawatan setiap bulan ✓ Tidak berisik ✓ Ramah lingkungan
Menu
Model
Beranda » Motor Listrik » Kenapa Anda Harus Beli Motor Listrik?

Kenapa Anda Harus Beli Motor Listrik?

Dipublish pada 7 Agustus 2021 | Dilihat sebanyak 101 kali | Kategori: Motor Listrik, Sepeda Listrik, Uwinfly

Motor listrik mengandalkan baterai dan dinamo untuk menggerakkan roda, tanpa dibantu oleh mesin konvensional dalam bentuk apapun.

Tanpa mesin konvensional SPBU jadi tidak perlu disambangi. Cukup cari soket listrik untuk isi ulang baterai. Beberapa merek bahkan akan menyediakan sistem battery swap (tukar baterai).

Getaran mesin konvensional kerap jadi hal yang mengganggu. Lupakan hal tersebut jika sepeda motor Anda berpenggerak dinamo listrik.

Kenapa Anda Harus Beli Motor Listrik?

Perawatan Lebih Mudah
Pada motor biasa Anda akan dibebani biaya servis rutin seperti ganti oli, filter udara mesin, busi dan sebagainya, maka pada sepeda motor berpenggerak listrik, hal tersebut tidak ada. Tentu ada suku cadang fast moving yang harus diperhatikan seperti rem, ban. Yang juga harus diperhatikan adalah kemampuan baterai yang akan terdegradasi seiring berjalannya waktu. Itupun umurnya sangat panjang. Sekali lagi, Anda bisa berhemat secara finansial.

Ramah Lingkungan
Dengan menggunakan sepeda motor listrik, Anda sudah berkontribusi terhadap berkurangnya emisi karbon di udara. Motor listrik tidak mengeluarkan emisi saat berjalan. Demi anak cucu kita di masa depan, tindakan itu patut mendapatkan pujian.

Lebih Mudah Dioperasikan
Motor matic juga mudah karena tinggal putar gas tanpa harus pindah gigi. Pada sepeda motor listrik, hal yang sama juga berlaku. Apalagi Anda tidak perlu tekan tombol starter untuk menyalakan mesin. Tinggal ON-kan, langsung jalan. Pengendaraan yang lebih halus akan langsung tersedia. Pengeremannya pun lebih mumpuni. Saat gas ditutup, akan langsung terasa efek deselerasi yang signifikan (drag brake), tanpa tuas rem ditarik.

Komponen Utama Sepeda Motor Listrik

Dinamo/Electric Motor
Inilah yang akan membuat sepeda motor bergerak. Kalau Anda suka bermain dengan mobil remote control elektrik atau mobil-mobilan Tamiya, harusnya familiar. Hanya skalanya lebih besar. Sifat alami dinamo elektrik adalah torsi yang selalu berada di angka tertinggi. Torsi ini akan langsung tersedia begitu gas diputar.

Sumber Energi
Seperti bensin, baterai jadi hal utama yang menyuplai daya ke dinamo. Seberapa kuat motor bergerak, dipengaruhi oleh kemampuan baterai yang biasanya diberi satuan kWh. Semakin besar, semakin mumpuni dan tentunya mahal. Bahan dasarnya bisa Lithium atau Nikel. Umur baterai bisa puluhan tahun, tapi jangan lupa seiring berjalannya waktu, kemampuan ini bisa terkikis. Asal dirawat sesuai rekomendasi pabrik, dijamin awet.

Pengisi Daya
Atau charger. Inilah alat yang akan mengisi ulang daya baterai. Bentuknya bisa beragam dan terpasang di tempat yang memang menyediakan. Selain di tempat umum, biasanya, pabrikan akan memberikan alat charger untuk pengisian ulang di rumah untuk memudahkan. Tentunya, akan ada tambahan biaya listrik kalau di rumah. Seberapa besar, tergantung baterai dan alat chargernya.

Sumber : www.oto.com

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Menarik Lainnya

Kawasaki Z650

Dipublish pada 4 Mei 2017 | Dilihat sebanyak 94 kali | Kategori: Kawasaki

Model terbaru dari keluarga seri “Z” bermesin 650cc silinder ganda bertorsi besar diputaran mesin rendah-menengah dan sasis ringan baru yang kompak mencerminkan performa dan gaya Sugomi. Karakter mesin yang responsif, torsi kuat dan sasis ringan nan gesit dengan gaya sporty... selengkapnya

Kawasaki Fokus Ciptakan Motor Listrik Mulai 2030

Dipublish pada 16 Agustus 2021 | Dilihat sebanyak 66 kali | Kategori: Motor Listrik, Sepeda Listrik, Uwinfly

Produsen roda dua asal Jepang, Kawasaki, berencana akan mulai beralih dan fokus pada kendaraan hemat energi. Kawasaki menargetkan di tahun 2030 seluruh jajaran motornya sudah ditenagai baterai. Langkah ini dilakukan Kawasaki untuk menyesuaikan lingkungan sosial dan kebutuhan masyarakat yang terus... selengkapnya

KTM Luncurkan Duke 250 dan 390

Dipublish pada 9 Juni 2017 | Dilihat sebanyak 109 kali | Kategori: News

PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku agen tunggal pemegang merek sepeda motor asal Austria, KTM, menghadirkan model terbaru di ajang Jakarta Fair 2017 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (8/6/2017). Kali ini, produk yang diperkenalkan KTM adalah model... selengkapnya