KEUNGGULAN MOTOR LISTRIK : ✓ Hemat BBM ✓ Hemat biaya perawatan setiap bulan ✓ Tidak berisik ✓ Ramah lingkungan
Menu
Model
Beranda » Motor Listrik » Tantangan Industri Motor Listrik di Indonesia

Tantangan Industri Motor Listrik di Indonesia

Dipublish pada 31 Juli 2021 | Dilihat sebanyak 104 kali | Kategori: Motor Listrik, Sepeda Listrik, Uwinfly

Era kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau electrified vehicle (EV) dan energi baru terbarukan diyakini semakin dekat seiring berkembangnya isu lingkungan dan tren dunia.

Kendaraan bertenaga listrik, di sisi lain, memiliki prospek yang sangat cerah. Dalam beberapa tahun belakangan sudah banyak produsen kendaraan listrik, baik itu mobil, motor, maupun sepeda listrik.

Selain memiliki beberapa potensi dan kelebihan, tapi di sisi lain terdapat beragam tantangan pula.

Setidaknya ada lima tantangan yang harus diperhatikan dalam menjalankan industri motor listrik.

Pertama, pemerintah harus menyelesaikan terlebih dahulu regulasi motor listrik di Indonesia.

Bukan hanya dari sisi produk, tapi juga secara komprehensif, tentunya pertama soal regulasi, bagaimana peraturan di Indonesia.

Kedua, adalah pembangunan infrastruktur pendukung, agar motor listrik bisa berkembang di Indonesia.

Ketiga, adalah faktor keselamatan bagi pengguna.

Juga dari sisi safetynya, jadi kenyamanan dan keamanan untuk konsumen. Jadi bagaimana kenyamanan dan keamanan konsumen harus bisa akomodir.

Keempat, dari segi biaya, yang meliputi harga bahan baku, regulasi biaya pajak.

Kelima, dari sisi limbah yang harus terbuang dengan bersih, agar tidak menimbulkan sampah yang menumpuk.

Jadi bagaimana pengolahan limbah itu harus sangat ramah lingkungan dengan motor elektrifikasi ini.

Sejak beroperasi pada 2018 silam, produk sepeda listrik Uwinfly menjelma menjadi salah satu yang terbaik. Tiap tipenya memiliki karakteristik sendiri teruntuk pengemudinya, dan itu yang menjadi keunikan buat pabrikan asal Tiongkok ini.

Selain Uwinfly, sudah banyak beredar produk serupa di Indonesia. Para kompetitor juga berlomba-lomba menawarkan promo dengan beragam cara agar masyarakat aware akan keberadaan mereka.

Di sisi lain, minimnya penerimaan konsumen membuat pemasaran sepeda listrik relatif masih sedikit. Uwinfly yang telah muncul sejak Oktober 2018 menjadi salah satu perusahaan terdepan di bisnis ini.

Mengedepankan spesifikasi terbaik dengan sokongan sistem keamanan dan jasa aftersales termutakhir, Uwinfly optimistis memasarkan produknya di Indonesia.

Menanamkan kepada masyarakat mengenai banyaknya keuntungan yang bisa didapat dengan memiliki motor listrik Uwinfly merupakan salah satu cara terampuh mengingat konsumen Indonesia pada umumnya enggan permisif terhadap kekurangan sedikit apapun.

Faktor eksternal juga bisa menjadi penentu berhasil tidaknya industri dalam memasarkan produk atau jasanya. Dalam ekonomi makro yang bisa melibatkan pihak swasta maupun pemerintah, dibutuhkan kesinambungan antar produsen dan lembaga terkait.

Belakangan ini, sudah banyak aplikasi olah uang online dan offline yang memudahkan konsumen untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Dinamika ini wajib dimanfaatkan sebagai momentum agar penjualan atau setidaknya awareness terhadap produk bisa terus meningkat.

“Pandangan mahal akan kendaraan listrik perlu ‘terbantahkan’ dengan keuntungan yang diterima oleh konsumen. Dukungan perbankan juga penting terkait dengan kemudahan melakukan penjualan atau juga perusahaan leasing. Peran pemerintah masih sangat diperlukan untuk mendorong permintaan dari kendaraan listrik.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Menarik Lainnya

Kawasaki D-Tracker

Dipublish pada 4 Mei 2017 | Dilihat sebanyak 163 kali | Kategori: Kawasaki

Didesain untuk lingkungan urban, D-Tracker baru memakai velg ukuran 17″, menjadikannya full-size supermoto. Dengan banyaknya perubahan dari sektor body, instrumen seperti penambahan indikator bahan bakar, hingga mesin serta rangka, D-Tracker 150 baru benar-benar wujud supermoto sesungguhnya. Spesifikasi FRAME Suspensi Depan... selengkapnya

Kawasaki Ninja 650

Dipublish pada 5 Mei 2017 | Dilihat sebanyak 95 kali | Kategori: Kawasaki

Kawasaki Ninja 650 didesain bagi para pecinta moge dengan power, akselarasi, balance, riding position yang nyaman, bobot kendaraan yang ringan dan body sporty aerodinamis. Nikmati sensasi touring moge bersama dengan Ninja 650. Spesifikasi FRAME Suspensi Depan 41 mm telescopic fork... selengkapnya

KTM Luncurkan Duke 250 dan 390

Dipublish pada 9 Juni 2017 | Dilihat sebanyak 109 kali | Kategori: News

PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku agen tunggal pemegang merek sepeda motor asal Austria, KTM, menghadirkan model terbaru di ajang Jakarta Fair 2017 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (8/6/2017). Kali ini, produk yang diperkenalkan KTM adalah model... selengkapnya